Tips Memanfaatkan limbah kardus

9/14/2014 08:35:00 AM Senja Kemuning 0 Comments

 Pengolahan limbah bekas sangat berguna, karena dengan memanfaatkan limbah bekas ini secara tidak langsung kita mengurangi sampah. Sampah adalah masalah yang sangat sulit untuk di pecahkan karna dalam kehidupan sehari-hari kita selalu membuang sampah. Salah satu contoh usaha untuk mengurangi sampah adalah dengan manfaatkan limbah kardus bekas menjadi tempat untuk tisu. Selain sebagai tempat untuk meletakkan tisu, kita dapat memanfaatkan tempat tisu yang dibuat dari kardus bekas menjadi hiasan yang dapat memperindah meja ruang tamu.

Bahan yang di butuhkan

     Kardus bekas
    Cutter                          
   Penggaris
               Pensil 
             Lem Kayu/castol
             Kertas kado
           Penak-pernik hiasan

 
Cara membuat kerajinan kardus bekas
  1. Potong memanjang kardus bekas berbentuk persegi panjang dengan ukuran 25x10 cm, sebanyak 4 buah dan potong berbentuk persegi berukuran 10cm. pada saat mengunting kardus jangan sampai searah dengan serat bagian dalam kardus, potong secara bersinggungan dengan pola serat kardus.
  2. Sambung  pola persegi dan persegi panjang itu menjadi bangun balok dan berilah lubang berbentuk elips pada bagian atas balok, sesuaikanlah lubang dengan tisu agar dapat diambil (jangan terlalu lebar dan terlalu sempit). Serta jangan lupa beri jalan untuk mengganti tisu yang telah habis pada bagian samping balok.
  3. Rekatkan pola-pola  tersebut dengan lem.
  4.  Setelah semuanya tersambung. Tekan bagian luarnya secara berlahan. Pada saat menekan jangan sampai terlepas dari pola bangun kubus.
  5. Setelah semuanya merekat dengan kuat bungkuslah tempat tisu tersebut dengan kertas kado agar lebih terlihat rapi dan menarik.
  6. Setelah itu berikanlah ornament manik-manik sesuai selera.
  7. Nah, sekarang tempat tisu yang cantik siap untuk digunakan J
Contoh gambar tempat tisu dari kardus bekas

0 komentar: